Friday, July 2, 2010

PDP (Professional Development Program) 2

hai teman2. sesuai yang aku bilang pas postingan yang lalu, aku mau cerita-cerita sedikit tentang PDP 2...
ya, jadi ini trainingnya yang buat arek Hotel, jurusan lain ga dapet yang kayak gini.. hoho. jadi bisa dikatakan suatu kebanggaan tapi juga bisa dibilang merepotkan juga, karena diadakan di hari libur semester.. =P

ya jadi PDP 2 ini diadakan selama 4 hari berturut-turut, dari tanggal 22-25 Juni 2010. dan hari pertama, kita semua datang jam 7 pagi ke RK IV gedung W (tapi ga seperti PDP 1, ini kita pake lift kok,,,=P) ya disana tetap pake seragam lengkap plus jas kita, terus ya ada sesi2 gitu, ada tentang table manner (pas makan siang langsung dipraktekkan di restorannya jur Hotel), dan juga tentang Hospitality Industry, trus kita per kelompok ikutan lomba "Set Buffee Table" dengan tema European Style. tapi sayangnya kelompokku ga menang.. wkekekek...

hari kedua kita dapat sesi yang lebih berat lagi karena pembicaranya dari orang luar negeri yang menjabat sebagai GM di hotel2 di Surabaya. kita kedatangan GM dari Hotel Shangrila dan GM dari Hotel Majapahit. =) tentunya mereka bicara dalam bahasa Inggris, dan ini sangat menguji listening kita. hahahah. trus di hari kedua itu gilirannya kelompokku untuk table manner direstoran Hotel. seneng banget, tapi ya makannya jadi lama banget, tapi berkesannn.. ^^ itu yang masakin n serve kita itu adalah kakak2 tingkat.. hehehe.. (praktek table manner cuma 1 kali per kelompok selama 4 hari, yang ga kena giliran ya makan nya kotakan.. ehehhe.jadi jgn sia-siakan kesempatan ini.. !) dan dilanjutkan babak final lomba Buffee, yang masuk 4 kelompok, nti dipilih cuma 3, yaitu kelompok terbaik 1, terbaik 2 dan kelompok favorit. =) pemenangnya diumumkan waktu hari terakhir..

hari ketiga juga ga kalah seru. kita pergi hotel visit dan factory visit. factory visitnya lebih dulu, dari jam 8.30 pagi kita semua berangkat dari kampus dengan bis. dan akhirnya dengan perjalanan yang sangat panjangn kita semua nyampe ke daerah Tanjung Perak, ke Pabrik Roti Bogasari. disana dijelasin banyak tentang sejarahnya Bogasari, sistem kerja, sistem produksi, sampai tentang jenis-jenis tepung yang mereka produksi juga sampai barang-barang scrapnya gitu, jadi mereka ga buang limbah sembarangan, gandum yang ga bisa untuk dikonsumsi masyarakat bisa mereka jual (dengan pengolahan lagi) jadi makanan kuda, bahan sampingan kosmetik, dll..
habis dijelasin, kita langsung dibagi 2 kelompok untuk liat pabriknya, kita langsung dikasih masker, helm kuning, dan penyumbat telinga. tapi ga keliling jauh-jauh sih, cuma sebentar juga, tapi sempet liat mesin pengolah gandumnya. terus kita ke lab yang agak bau .. =P temen2 bilang baunya seperti ******... aku juga merasa gitu sih, tapi ya mau gimana lagi, pasti kan karena zat2 kimia atau apa gitu ya... =)
habis dari situ kita makan siang di Bus, langsung brangkat ke Hotel2 yang sudah ditetapkan per kelompok Hotel Visit. ada yang ke Shangrila, Majapahit, Mercure, Surabaya Plaza Hotel, Novotel, dan kelompokku dapatnya Novotel.. senang sekali. karena ini Hotel yang masuk di jaringan Accor dan di Balikpapan ada Novotel, jadi aku semangat banget disana....

hari keempat, kita ada sesi tentang Grooming ini Hospitality Industry dan tentang Bisnis Apartement juga ada sesi dari HIMAHOTTRA (Himpunan Mahasiswa Perhotelan Petra). trus evaluasi kegiatan dan pengumuman final lomba Buffee. ga lama ya pulang deh.. hehehe

saya sangat senang.
oh iya, nilai2 dah pada keluar, dan ada 1 nilai yang mau ku komplain, doakan yahh...
trus next time aku cerita tentang camP AsTor 2010 ya.. !!