Thursday, November 11, 2010

Dream says: "Catch me if you want !!"

So, How to Catch My Dream?

Hmm.. dengar kata dream pasti udah ga asing lagi ya… aku juga merasa kata ini udah seriiiing banget diungkit-ungkit selama kita hidup.. hehehe, atau lebih tepatnya selama kita mulai menginjak bangku SMA (Sekolah Menengah Atas) karena kalau di zaman-zaman sebelum itu tentu saja mimpi/dream ini hanya dikenal sebagai mimpi yang hanya bunga tidur dan kemungkinan terparah berikutnya, aku dan teman-teman hanya langsung teringat akan lagu I Have a Dream-nya Westlife yang liriknya kita hafal banget, meski ga ngerti maknanya tuh apaan (kemungkinan nih, hanya kesengsem sama performance nya ni 5 cowok+suaranya salah satu penyanyi cewek cilik yang pernah berkolaborasi dengan Westlife)…..hehehe

Tapi itu dulu, man… ! ;P
Sekarang anak-anak muda sudah semakin pinter dan tentu saja pikirannya udah beda dengan anak-anak SD dan SMP… termasuk aku juga dong.. ^^ kalau dulu mungkin ditanya tentang mimpinya, anak SD dengan polosnya akan menjawab: “aku mau jadi presiden…” atau “aku mau jadi polisi..” dan lain sebagainya yang notabene kualitas mimpinya tuh ga kacangan… sangat tinggi…. Waoow.
Next, pas SMP dimana kita semua menginjak masa-masa remaja, mendengar kata mimpi pasti langsung blank… yang kita pikirkan saat itu hanya pencarian jati diri, apa tanda-tanda puber, bagaimana cara hilangin jerawat (ups), dan bagaimana caranya untuk keliatan kalo kita udah “gede”, dan juga mungkin mikirin pelajaran serta hobi yang kian banyak… Tapi tentang mimpi? Hmmm… kurasa mimpi terbaek yang kita punya saat itu hanyalah “aku mau punya pacar dan aku mau masuk SMA yang aku suka…” bener ga sih?
Oke, mungkin itu hanya karena faktor umur ya… tapi apa dengan masuk SMA, kita udah dapat menemukan arti dari mimpi itu sendiri sebelum kita memilikinya??? Hmm, belum semua tuh… karena semua juga butuh proses, n lagi dari tiap pribadi tentu aja responnya terhadap mimpi ialah beda-beda… tapi di lain sisi, tiap skul udah punya kebijakan masing-masing lho, untuk men-support murid-muridnya ini dengan cara ngadain seminar tentang tujuan masuk SMA, apa bedanya SMA dengan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas lainnya, supaya kami para murid-murid SMA ketika telah memasuki dunia yang berbeda ini, terdorong untuk mau memiliki mimpi..
mimpi yang benar-benar mimpi.

Buatku sendiri, mimpi adalah suatu hal yang menjadi tujuan kita ke depannya, maksudnya tuh kalau kita hanya hidup tanpa tujuan ya tentu saja kita hanya akan jadi orang yang biasa-biasa saja. Berani bermimpi itu penting lho.. ! start everything with dream, miliki tujuan juga sebagai salah satu motivator kita supaya lebih semangat dan kreatif dalam berpikir, ga hanya ikutin sesuatu yang udah ada tapi malah menciptakan sesuatu yang baru… Jadi history maker gitu… tanpa mimpi ya gimana kita mau mencetak sejarah??? Bahkan perubahan yang kecil pun juga dimulai dari mimpi lho, teman-teman… dan yang berhubungan dengan mimpi itu ga hanya tentang profesi lho, tapi juga tentang karakter yang kita ingin miliki ke depannya yang dimana selama kita menuju mimpi kita, kita melewati banyak proses yang akan mengasah karakter kita ke depannya untuk jadi yang lebih baik. :)
Trus, bagaimana caranya mencapai mimpi kita? How to catch my dream? Kalau mau yang simpel dan gampang diingat sih, baru-baru ini semenjak ada 1 program di kampusku yang mengusung salah satu motto tokoh sukses di dunia untuk menjadi jargonnya, aku menjadi sangat bersemangat menggapai mimpiku. Bunyi motto tokoh sukses tersebut ialah “Dream, Believe, Dare, and Do”. Hayo, tebak siapakah pemilik motto tersebut? Yup, he is Walt Disney.. !! ^^
Motto sederhana inilah yang menjadi gambaran awal untuk kita dapat mengingat bagaimana caranya menggapai mimpi kita, dan memotivasi kita agar mau maju terussss… lihat deh, susunan mottonya: *Dream, maksudnya ialah milikilah mimpi sebagai sesuatu yang kita ingin capai, agar dalam setiap apa yang kita lakukan, kita udah tau kita bakal ke arah mana. Sama kayak saat kita mau jalan-jalan, ya tentukan tujuan dulu dong sebelum melangkah… kalau mau melangkah dulu, lalu menentukan tujuan ya juga bisa namun pastinya akan ada banyak jalan yang kita lewati yang sebenarnya kita ga perlu lewati (duh, rugi banget kan.. )
*Believe, maksudnya ya percayalah (dengan iman) kalau mimpi kita bakalan tercapai meskipun keliatannya ga mungkin/susah. Bagaimana mimpi bakal tercapai, kalau kitanya aja selalu ragu-ragu dan kuatir? Sama seperti kita yang mau aja naik angkutan umum tanpa kenal supirnya terlebih dulu, tapi tetap sampai ke tujuan kita. Itu secara tidak langsung, kita udah menanamkan rasa percaya itu ke orang lain, dan diri kita juga lho.
*Dare, maksudnya ialah kita harus berani bermimpi. Terkadang ada aku temui orang-orang muda yang ngomong kalau mereka ga mau punya mimpi tinggi-tinggi supaya nanti ga terlalu kecewa kalau ga tercapai. tapi sebenarnya, kalau mimpi kita hanyalah mimpi yang standar-standar saja lalu untuk apa mempunyai mimpi?? Kita semua harus belajar untuk berani bermimpi…. Jangan takut untuk kecewa, tapi tetaplah Ready for the best and prepare for the worst… :D
*Do, maksudnya ya jangan NATO dong, udah ga zamannya lagi kalau anak muda cuma ngomong aja tapi ga ada melakukan apa-apa. Kita harus beraksi, melangkah dan berproses untuk menggapai mimpi kita. Perbuatan berbicara lebih keras daripada perkataan. Hohoho. :)
Dan 1 lagi, libatkan Tuhan terus yah, karena kalau kita cuma mengandalkan diri dan kekuatan diri sendiri ya percuma banget, ga akan kasih dampak positif untuk dunia ini… karena ujung-ujungnya mungkin kita bisa jadi sombong, atau bahkan kecewa habis-habisan dan jadi ga punya harapan lagi.. :P
So, there is no reason to have a dream n catch it..!! Orang yang mau pasti bisa.. ! ^^
Semangat berjuang bersama..!!
Gbu.

No comments: